Perpustakaan Beri Akses Koneksi ke Dunia Luar

25 Februari 2022

Purworejo, Jawa Tengah - Perpustakaan merupakan jantung pendidikan yang mampu memberi ruang kepada masyarakat untuk dapat lebih mudah terkoneksi dengan dunia luar.

Diresmikannya gedung fasilitas layanan perpustakaan umum Kabupaten Purworejo yang pembangunannya menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2021 Bidang Pendidikan Subbidang Perpustakaan dengan nilai pagu anggaran sebesar Rp 10M, mengesahkan kehadiran sebuah fasilitas ruang belajar terbuka di Kabupaten Purworejo.

Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Muhammad Syarif Bando, mengatakan bahwa tujuan utama dari pembangunan gedung fasilitas layanan perpustakaan diantaranya untuk mempersiapkan infrastruktur pelayanan dasar bagi masyarakat, mempercepat pembangunan di daerah, serta medukung program pencapaian agenda nasional terutama yang terkandung dalam RPJMN 2020-2024 tentang peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Saya titip harapan dan pesan bahwa kesadaran kita untuk berubah dengan ilmu pengetahuan baru masih sangat rendah sehingga kehadiran kita di sini adalah untuk menjadi bagian penggerak dari gerakan nasional pembudayaan kegemaran membaca,” ujarnya.

Lebih lanjut, Syarif Bando menjelaskan Perpusnas sejak tahun 2017 telah menjadi Prioritas Nasional I dalam transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. Sehingga Perpusnas mengemban tugas dalam mempersiapkan buku-buku ilmu terapan dan mendampingi masyarakat yang termarjinalkan agar dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan mereka.

“Batas wilayah takkan pernah mungkin bisa bertamba maka upaya yang perlu dilakukan adalah mengintensifikasi peningkatan daripada kemampuan para pekerja kita untuk meningkatkan hasilnya. Kami yakin dengan perpustakaan dan buku terapan akan lebih mudah memfasilitasi masyarakat,” jelas Syarif Bando.

Acara peresmian secara simbolis gedung fasilitas layanan perpustakaan umum Kabupaten Purworejo ini diselenggarakan bertepatan dengan peringatan hari jadi Kabupaten Purworejo ke-151. Selain gedung fasilitas layanan perpustakaan umum Kabupaten Purworejo, ada 13 proyek lainnya yang turut diresmikan sekaligus dirangkaikan dengan soft launching Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Purworejo, Jumat (25/2/2022).

Pada kesempatan yang sama Bupati Purworejo, Agus Bastian, mengucapkan terima kasih kepada Perpusnas karena telah memberikan fasilitas gedung yang diharapkan dalam upaya menarik minat baca masyarakat untuk menambah wawasan dan keilmuan.

“Atas nama pemerintah daerah kabupaten purworejo, saya ucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan dan saya juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk memanfaatkan gedung perpustakaan yang megah ini,” ucap Agus.

Ia juga mengungkapkan bahwa seluruh pembangunan yang dilaksanakan pada tahun 2021 merupakan hasil dari perencanaan yang sudah dilakukan secara sistematis. Perencanaan tersebut merupakan presentasi dari keinginan masyarakat agar pembangunan terus berjalan dan pada akhirnya berdampak pada pelayanan publik yang semakin baik.

Selain itu, Agus juga berharap dengan didirikannya MPP yang akan terus disempurnakan ini mampu memberikan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan, dan kenyamanan kepada masyarakat dalam memberikan pelayanan serta meningkatkan daya saing global dalam memberikan kemudahan berusaha.

“Ada 24 gerai terpilih dari 109 layanan, ditambah pelayanan OSS dan SIKDA yang terhabung dalam mall pelayanan publik kabupaten purworejo. Dengan demikian, harapannya cukup ke MPP semua jenis pelayanan dan perizinan masyarakat dapat diselesaikan,” tandasnya.

Reporter: Basma Sartika

Fotogafer: Wara Merdekawati



Diunggah oleh humas