Penguatan Hubungan Kerja Sama antara Perpusnas dan Lemhannas

24 Februari 2022

Medan Merdeka Selatan, Jakarta—Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando, menerima kunjungan perdana Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), Andi Widjajanto.

Gubernur Lemhannas menyebut hal ini merupakan kunjungan informal sebagai lembaga yang bangunannya bersebelahan. Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo melantik Gubernur Lemhannas di Istana Negara, Jakarta, pada Senin, 21 Februari 2022.

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur Lemhannas mendukung penguatan hubungan kerja sama antara pihaknya dan Perpusnas. Dua lembaga negara tersebut sudah menjalin kerja sama sejak 10 September 2019. Hal ini dapat dilakukan melalui dukungan dari Perpusnas untuk peserta didik yang menjalani pendidikan di lembaganya. Salah satu fungsi yang dijalankan Lemhannas adalah penyelenggaraan pendidikan, penyiapan kader dan pemantapan pimpinan tingkat nasional.

"Intinya kami di Lemhannas untuk pendidikan sangat mengandalkan Perpustakaan Nasional, untuk membantu peserta didik mendapatkan rujukan, terutama rujukan terbaru. Supaya dalam pendidikan ini, benar-benar mereka wawasannya bisa diperkuat karena ada rujukan terkini. Diharapkan relasi kerja antara Lemhannas dan Perpusnas semakin diperkuat," jelasnya saat bertemu dengan Kepala Perpusnas beserta jajaran di Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas, jl. Medan Merdeka Selatan No.11, Jakarta, pada Kamis (24/2/2022).

Dia menekankan, rujukan dari perpustakaan sangat dibutuhkan dalam proses pendidikan, terutama rujukan yang sifatnya untuk level strategi. Dia berharap pustakawan Perpusnas juga dilibatkan dalam membantu para peserta didik dalam memanfaatkan layanan perpustakaan.

"Karena pada dasarnya pendidikan Lemhannas tidak ingin menciptakan dosen atau peneliti, ingin mencetak Pangdam, Dirjen, Sekjen, tetapi tetap harus didukung oleh pemahaman konseptual teoritik dan data yang kuat. Dan data itu berasal dari sini," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Perpusnas menyatakan siap mendukung kebutuhan data dan rujukan untuk peserta didik Lemhannas. Saat ini, layanan Perpusnas tidak hanya dalam bentuk cetak, tapi juga digital. Dia menambahkan tenaga pustakawan juga disiapkan untuk mendampingi para peserta didik dalam menelusur kebutuhan pustaka dalam menjalani pendidikan.

"Kami sangat ingin membantu pak gubernur, apa yang bisa dihasilkan dengan segala keterbatasan. Kalau sudah punya kartu anggota, kami memandu untuk masuk jurnal online," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Lemhannas juga mendaftarkan diri sebagai anggota Perpusnas, yang kini sudah berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK). Kepala Perpusnas didampingi Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Ofy Sofiana dan pustakawan ahli utama Woro Titi Haryanti.

Reporter: Hanna Meinita

Fotografer: Ahmad Kemal Nasution



Diunggah oleh admin