Layanan Digital Perpusnas menghadapi Pandemi

Pandemi Covid 19 memaksa masyarakat untuk membatasi mobilisasi dan mengurangi interaksi. Perpustakaan sebagai ruang publik tentunya juga terpengaruh. Akses informasi tentunya menjadi terhambat, guna meminimalisir dampak tersebut, Perpusnas terus meningkatkan kualitas layanan digital yang dapat diakses masyarakat. Layanan ini mempermudah masyarakat mengakses informasi yang dibutuhkannya. Layanan digital unggulan Perpusnas di antaranya adalah:    

iPusnas

iPusnas merupakan perpustakaan digital nasional yang berisi ebook buku populer yang dapat dibaca secara full teks. Kamu dapat install aplikasi iPusnas untuk Android, IOS, dan Windows melalui Playstore, APPstore, atau melalui laman berikut (link)


e-Resources Perpusnas
Perpustakaan Nasional melanggan berbagai bahan perpustakaan digital online (e-Resources) seperti jurnal , ebook, dan karya-karya referensi online lainnya. Kamu dapat mengakses layanan ini apabila telah menjadi anggota Perpustakaan yang bisa kamu akses secara digital melalui keanggotaan.perpusnas.go.id , sedangkan akses e-Resources dapat kamu akses di link berikut (link)


Khastara

Khasanah Pustaka Nusantara (Khastara) adalah sebuah pintu pencarian tunggal untuk semua koleksi digital Perpusnas RI. Portal ini menampilkan informasi detail koleksi dengan lengkap yang mendukung format PDF Flip agar mudah dibaca. Kategori yang paling banyak dicari adalah Naskah Kuno, Buku Langka, foto, dan gambar. Khastara dapat diakses melalui link berikut (link)

Tanya Pustakawan

Tanya Pustakawan atau Ask a Librarian adalah layanan dari Perpusnas yang hadir untuk masyarakat sejak 17 Maret 2020. Pada layanan ini masyarakat dapat mengajukan pertanyaan kepada pustakawan Perpusnas RI berupa bantuan penelusuran data, penelusuran informasi, dan penelusuran literatur. Layanan referensi ini dapat diakses melalui email: layanan_referensi@perpusnas.go.id, dan menu livechat di web perpusnas.go.id di hari dan jam kerja.