Kepala Perpusnas Ajak Daerah untuk Wujudkan SDM Unggul

24 Februari 2022

Medan Merdeka Selatan, Jakarta—Dalam RPJMN 2020-2024 Presiden ingin mempercepat terwujudnya SDM Indonesia yang unggul melalui perluasan akses digital. Perpustakaan, menurut Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, yang merupakan jantungnya pendidikan memiliki peran penting dalam mewujudkan cita-cita tersebut karena perpustakaan memiliki tugas mentransfer pengetahuan.

“Di belakang orang-orang yang bisa menciptakan barang high tech itu adalah orang-orang yang cerdas karena baca,” tegas Syarif.

Hal tersebut disampaikan Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando saat menerima kunjungan kerja rombongan Bupati Solok Selatan yang didampingi oleh Wakil Bupati Solok Selatan dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau pada Kamis (24/2/2022) di Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional RI.

“Tugas saya untuk meyakinkan bupati dan seluruh jajaran bahwa perpustakaan penting, tapi cara pandang kita terhadap perpustakaan harus keluar dari paradigma lama,” imbuh Syarif.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Solok Selatan Khairunas menyatakan semakin bersemangat untuk memperbaiki pendidikan dengan mengembangkan perpustakaan di daerahnya.

“Apa yang Bapak sampaikan, insya Allah akan kami terapkan di Solok Selatan,” ujarnya.

 Khairunnas menjelaskan niatnya untuk berkonsultasi mengenai revisi lokasi pembangunan perpustakaan mengingat lokasi yang lama jauh dari pemukiman warga.

Sementara itu Syarif lebih lanjut menegaskan bahwa lokasi perpustakaan tidak akan menjadi masalah selama pemimpin daerah mengeluarkan kebijakan yang melibatkan perpustakaan, misalnya dengan menyelenggarakan kegiatan di perpustakaan karena perpustakaan dapat dijadikan pusat kegiatan masyarakat.

Senada, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau Mimi Yuliana Nasir menyatakan bahwa merupakan suatu tantangan baginya yang memiliki latar belakang nonperpustakaan untuk dapat mengembangkan perpustakaan dan menjadikannya pusat kegiatan masyarakat. Karena itu, ia bersama jajaran memohon agar dapat ikut serta dalam program-program pengembangan perpustakaan yang dikelola oleh Perpusnas, seperti akreditasi perpustakaan dan diklat tenaga perpustakaan.

 

Reporter              : Eka Cahyani

Fotografer          : Ahmad Kemal Nasution

 

 



Diunggah oleh admin