Dukungan Perpusnas untuk Layanan Perpustakaan di Kabupaten Yahukimo

23 Februari 2022

Medan Merdeka Selatan, Jakarta—Bupati Yahukimo, Didimus Yahuli, menilai kehadiran perpustakaan berperan penting sebagai unsur pendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Disebutkan bahwa perpustakaan bagian penting dalam mencerdaskan warga kabupatennya dan mendukung pendidikan formal. Kehadiran perpustakaan dengan koleksi cetak maupun digital, dapat dielaborasikan dengan perguruan tinggi yang ada di kabupatennya sebagai modal untuk meningkatkan kecerdasan.

“Kenapa dielaborasikan dengan gedung karena saya melihat ada sekolah yang jaraknya jauh, ada kampus D3, dosen bisa datang kadang 3 bulan sekali. Sehingga perpustakaan ini menolong orang punya kemampuan. Dan apalagi ada perpustakaan digital sehingga orang tidak hanya membaca buku di perpustakaan, tapi bisa di internet,” ujarnya saat berkunjung ke Gedung Layanan Perpustakaan Nasional (Perpusnas), jl. Medan Merdeka Selatan No. 11, Jakarta Pusat, pada Rabu (23/2/2022).

Untuk itu, Bupati Didimus meminta dukungan dari Perpusnas untuk pembangunan gedung layanan perpustakaan di kabupatennya. Dia berharap mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) fisik subbidang perpustakaan pada tahun 2023 untuk pembangunan gedung perpustakaan.

Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando merespons baik komitmen bupati. Dia menegaskan komitmennya untuk pembangunan di daerah timur Indonesia. Disebutkan agar Bupati menyiapkan kelengkapan syarat dan prasyarat pembangunan gedung sehingga diharapkan proposal DAK Kabupaten Yahukimo lolos dalam verifikasi.

Selain itu, dia mendorong Bupati Didimus dan jajarannya untuk mengajukan proposal untuk mengisi gedung layanan perpustakaan yakni menu mebel.

Reporter: Hanna Meinita



Diunggah oleh admin