341 Peserta CPNS Perpusnas Ikuti SKB Wawancara

13 Desember 2021

Salemba, Jakarta - Sebanyak 341 peserta seleksi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI mengikuti Seleksi Kemampuan Bidang (SKB) Wawancara pada Senin, (13/12/2021). SKB merupakan tahapan yang harus dilalui peserta seleksi setelah dinyatakan lulus Seleksi Kemampuan Dasar (SKD).

SKB wawancara diselenggarakan selama tiga hari pada 13-15 Desember 2021. Wawancara dilakukan secara daring menggunakan aplikasi zoom meeting.

Sekretaris Utama Perpusnas Woro Titi Haryanti mengatakan, dari 4.496 peserta yang mengikuti SKD, ada sebanyak 351 peserta yang lolos SKB. Hanya saja 10 peserta tidak mengikuti CAT SKB, sehingga sebanyak 341 peserta mengikuti SKB wawancara.

"Dari 341 peserta, nantinya akan diseleksi untuk mengisi 122 formasi dari 13 jabatan," kata Woro.

Diantaranya, jabatan Analis Pengelolaan Keuangan APBN Ahli Pertama, Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Ahli Pertama, Pranata Komputer Ahli Pertama, Pustakawan Ahli Pertama, Widyaiswara Ahli Pertama, Pranata Keuangan APBN Terampil, Pustakawan Terampil, Filolog, Konservator, Pengalih Media, Pengelola Keuangan, Pengelola Serah Simpan Karya Cetak Karya Rekam (KCKR), dan Perancang Grafis.

Woro mengaku, SKB wawancara dilakukan untuk mendapatkan calon PNS yang memenuhi kriteria. Wawancara secara online ini juga, sebagai bentuk integritas dan keterbukaan terhadap kegiatan penjaringan PNS di lingkungan Perpusnas.

"Semoga dari 341 peserta yang mengikuti wawancara ini, akan terpilih 122 CPNS yang merupakan CPNS unggul, sehingga akan mempercepat serta mempermudah Perpusnas dalam meningkatkan kinerja lembaga."

Sebelumnya, Perpusnas telah menggelar Computer Asisted Test (CAT) SKB pada  27 November - 10 Desember 2021. CAT SKB  dilaksanakan di enam titik lokasi, yaitu Jakarta, Bandung, Padang, Yogyakarta, Makassar dan Thailand.

Reportase: Wara Merdeka
Fotografer: Prakash Agrestian/Junaedi