Layanan Penerimaan KCKR

 
Pelestarian karya cetak dan karya rekam memiliki peranan yang sangat penting dalam mengisi sektor pendidikan, penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan serta pelestarian sejarah perjalanan suatu bangsa. Perpustakaan Nasional adalah perpustakaan yang berkedudukan di ibukota negara yang mempunyai tugas untuk menghimpun, menyimpan, melestarikan dan mendayagunakan semua karya cetak dan karya rekam yang dihasilkan di wilayah Republik Indonesia. Dalam melaksanakan tugasnya tersebut Perpustakaan Nasional diberikan amanat tersebut melalui Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1990 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam. 
 
Setiap penerbit dan pengusaha rekaman yang berada di wilayah negara Republik Indonesia yang menghasilkan karya cetak dan karya rekam wajib menyerahkannya kepada Perpustakaan Nasional RI atau Perpustakaan Nasional Provinsi. Jumlah karya cetak dan karya rekam yang wajib diserahkan adalah Karya cetak Sebanyak dua eksemplar dari setiap judul ke Perpustakaan Nasional RI dan Sebanyak satu eksemplar dari setiap judul kepada Perpustakaan Nasional Provinsi. Karya Rekam  Sebanyak satu eksemplar dari setiap judul kepada Perpustakaan Nasional RI; Sebanyak satu eksemplar dari setiap judul kepada Perpustakaan Nasional Provinsi; Bagi setiap individu yang memasukkan karya cetak dan karya rekam mengenai Indonesia dari luar negeri lebih dari 10 buah dari setiap judulnya dengan maksud untuk diperdagangkan, wajib menyerahkan sebuah dari setiap judulnya kepara Perpustakaan Nasional RI.
 
Penyerahan karya cetak dan karya rekam dapat diantar langsung atau dikirim melalui paket pos.
 
Untuk DKI Jakarta, harap dikirim ke :
Direktorat Deposit Bahan Pustaka Perpustakaan Nasional RI 
Jl. Salemba Raya 28A, Kotak Pos 3624 Jakarta 10002 
Telp. (021) 3154870 (ext. 228), 3148540
Faks. (021) 3103554 
e-mail: info@pnri.go.id
 
Untuk Luar DKI Jakarta, silahkan dikirim ke alamat kantor Perpustakaan Nasional Provinsi setempat (di setiap ibukota provinsi) di mana para wajib serah simpan karya cetak dan karya rekam berdomisili.
Pada bagian kiri atas sampul mohon ditulis PELAKSANAAN UU NO. 4 TAHUN 1990

Informasi lengkap mengenai kckr dapat dilihat di situs http://deposit.pnri.go.id