Pustakawan Bergerak, Prioritas Utama Perpusnas di 2018

Medan Merdeka Selatan, Jakarta—Mengawali hari kerja di 2018, Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando menekankan para pustakawan untuk lebih pro aktif ke masyarakat agar mampu meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia. Tag line ‘Pustakawan Bergerak’ diusung sebagai penegasan dari upaya tersebut. Hal tersebut disampaikan Muhammad Syarif dihadapan para pejabat struktural dan fungsional pustakawan, Selasa, (2/12/2018).

Talkshow Pemasyarakatan Minat Baca dan Pengukuhan Bunda Baca Kab. Pemalang, Jawa Tengah

Pemalang, Jawa Tengah–Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando menjadi salah satu narasumber Talkshow Pemasyarakatan Minat Baca di Pendopo Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Rabu, (27/12/2017). Acara yang dibuka oleh Bupati Pemalang H. Junaedi dan dihadiri seluruh perangkat SKPD, DPRD, pegiat pendidikan, LSM, mahasiswa, dan ribuan undangan lainnya.

Perpusnas Serahkan Bantuan Perpustakaan Keliling kepada Kab. Wakatobi

Wakatobi, Sulawesi Tenggara – Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando berkesempatan menghadiri HUT ke- 14 Kabupaten Wakatobi. Puncak perayaan Hari Jadi tersebut diselenggarakan di Lapangan Merdeka Wangi-Wangi, yang dihadiri oleh Bupati Wakatobi Arhawi, Wakil Bupati, para pimpinan Muspida, SKPD, tokoh agama, adat, dan seluruh elemen masyarakat, Senin, (18/12/2017).

Naskah Panji Koleksi Perpustakaan Nasional Resmi Ditetapkan Sebagai Memory of The World 2017

Senayan, Jakarta – Setelah dua naskah koleksi Perpustakaan Nasional yakni Naskah Babad Diponegoro dan Negara Krtagama mendapat sertifikat dari UNESCO sebagai Ingatan Dunia atau Memory of The World pada 2013, Naskah Panji koleksi Perpustakaan Nasional pada 2017 juga mendapat sertifikat Memory of The World dari UNESCO.

Perpusnas Dukung Kabupaten Lembata dalam Gerakan Literasi Saya Baca

Medan Merdeka Selatan, Jakarta – Perpustakaan Nasional mendukung Kabupaten Lembata yang sedang giat mengkampanyekan gerakan literasi. Dukungan ini diberikan melalui peluncuran Festival Saya Baca Satu Lembata untuk Indonesia yang dilaksanakan di Ruang Auditorium Perpusnas, Jl. Medan Merdeka Selatan, Jakarta, pada Selasa (12/12/2017).

Peluncuran dan Bedah Buku “Pergulatan Pemikiran Ke-Indonesiaan” Karya Anwar Arifin

Medan Merdeka Selatan, Jakarta - Belum banyak publik yang mengetahui sepak terjang dari Anwar Arifin Andipate. Tapi, siapa sangka bahwa pada usia 43 tahun (1990) Anwar Arifin telah menjadi profesor ilmu komunikasi politik dan termuda yang dimiliki Indonesia saat itu. Eksistensi Anwar Arifin lebih banyak diketahui saat menjadi anggota DPR/MPR pada tahun 1999. Pada masa itu, beliau aktif tercatat dalam pembahasan Amandemen UUD 1945 dan pembahasan 17 Undang-undang di DPR sepanjang 1999-2002.

Peran Perpustakaan Digital Dalam Mereduksi Hoaks

Salemba, Jakarta - Teknologi sudah berkembang sedemikian pesat. Nyaris di semua sektor kehidupan manusia tidak bisa dilepaskan dari teknologi. Bahkan, ada teknologi yang sudah dilengkapi dengan kemampuan menganalisis data. Kemampuan pintar ini yang disebut dengan intellectual intelligence, seperti yang terdapat pada perangkat smart phone dan sebagainya. Ketergantungan manusia dengan teknologi menurut sebuah riset dikatakan kalau manusia hanya sanggup hidup tanpa handphone selama tujuh menit.

Seminar Nasional Penguatan UU No. 4 Tahun 1990 Tentang Serah Simpan KCKR

Senayan, Jakarta – Karya cetak dan karya rekam (KCKR) merupakan aset budaya bangsa yang harus terdokumentasi dengan baik. KCKR berperan sebagai tolok ukur kemajuan intelektual bangsa, referensi dalam bidang pendidikan, pengembangan Iptek, penelitian, pelestarian maupun penyebaran informasi. Sayangnya, Undang-undang Nomor 4 Tahun 1990 tentang KCKR yang menjadi payung hukum dalam penghimpunan belum terlaksana dengan optimal karena kesadaran penerbit, produsen karya rekam dan masyarakat masih kurang.

Pusdiklat Perpusnas Adakan Diklat Penanganan Bencana

Salemba, Jakarta – Indonesia merupakan salah satu negara dengan intensitas bencana alam cukup tinggi. Hal ini lumrah mengingat letak geografis Indonesia yang dikepung oleh dua lautan luas (Samudera Hindia dan Pasifik), dan juga merupakan jalur dari lintasan gunung api dunia. Letusan gunung api, ancaman tsunami, dan gempa bumi adalah ancaman alam yang bisa terjadi kapan saja. Sehingga mau tidak mau diperlukan tingkat kewaspadaan yang tinggi dan pengetahuan yang cukup memadai tentang cara mengatasi atau melindungi diri jika terjadi hal demikian.

Perpusnas Luncurkan Sistem Informasi Pelaporan Pelanggaran (SIPP)

Salemba, Jakarta–Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando didampingi Sekretaris Utama Dedi Junaedi, dan Inspektur Perpusnas Darmadi meresmikan Whistle Blowing System (WBS) di Ruang Teater Perpusnas Salemba, Kamis, (30/11). Launching tersebut dihadiri oleh seluruh pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Perpusnas.

Halaman

Berlangganan PPID Perpustakaan Nasional RI RSS